Al-Qur’an

Ditinjau dari segi kebahasaan, Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” atau “sesuatu yang dibaca berulang-ulang”. Kata Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara’a yang artinya membaca. Konsep pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur’an sendiri yakni pada ayat 17 dan 18 Surah Al-Qiyamah yang artinya:

“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya”.

(75:17 – 75:18)

Disini saya tidak akan membahas pengertian Al-Qur’an baik dari segi etimologi ataupun terminologi karena semua itu sudah terlalu banyak yang menjelaskan pada pencarian google. Apalagi menjelaskan Al-Qur’an secara ilmu Islam, tentunya untuk hal ini ikhwan dan akhwat jauh lebih mengetahuinya dari saya yang baru saja jatuh cinta dengan Islam. Disini saya hanya mencoba mengedepankan Al-Qur’an dari sudut pandang pribadi🙂

Bagi saya Al-Qur’an adalah kumpulan surat cinta sang Kholik kepada umat muslim. Bayangkan saat-saat duduk di bangku SMA dan mendapatkan rangkaian surat cinta dari seseorang, pastinya indah bukan? Al-Qur’an adalah kumpulan surat cinta Allah yang berisi tuntunan bagi kaum muslim menjalani hidupnya. Betapa Allah sangat mencintai kita dengan memberikan kita sebanyak 114 surat yang memberikan informasi dari mulai cara mencari rezeki, tata cara menikah sampai info kedatangan hari kiamat nanti. Adakah kekasih sesetia Allah yang senantiasa tidak pernah meninggalkan kita bahkan saat kita tidur terlelap? Bahkan sampai detik-detik kehancuran dunia nanti.

Bacalah Al-Qur’an setiap hari, perdengarkanlah kepada anak-anak kita sesering mungkin karena terapi penanaman kata-kata positif yang paling baik adalah dengan memperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan memperkenalkan Al-Qur’an sedari dini kepada anak-anak kita maka berarti kita memperkenalkan mereka kepada Zat terkasih yang sangat sangat mengasihi kita, memperkenalkan mereka kepada tata cara hidup mulia dan penuh keselamatan🙂

Categories: Moeslem Corner | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.