Cara Sederhana Atasi Migrain

Hari ini pekerjaan dikantor dan  dirumah tidaklah begitu banyak. Berangkat dari rumah saya dengan PD-nya membawa buku favorit yang dalam minggu ini hampir tidak tersentuh, berharap bisa dibaca setelah atau sebelum jam istirahat ataupun sambil menunggu jemputan pulang nanti.

Namun ceritanya jadi sangat berbeda saat sekitar pukul 11.oo kepala sebelah kiri saya mulai sakit. Yup , migrain has came. Jika migrain sudah datang, jangankan membaca, membuka matapun rasanya amat menyakitkan.

Ada beberapa hal menurut pengalaman pribadi yang mulai saya deteksi sebagai penyebab migrain, mungkin dengan saya kemukakan beberapa hal tersebut dapat menjadi tolak ukur bagi kawan-kawan sekalian yang juga sering mengalami migrain. Berikut hal-hal yang saya deteksi sebagai penyebab migrain menurut pengalaman pribadi saya serta cara meminimalisirnya :

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi caffein seperti pada teh atau kopi. Memang adakalanya secangkir kopi atau teh malah dapat meredakan migrain, namun mengkonsumsinya lebih dari secangkir dalam sehari dapat memicu migran
  2. Kelelahan pada leher. Biasanya terjadi pada orang-orang yang gemar membaca buku seperti saya. Apabila memang gemar membaca usahakan dengan posisi nyaman dan beristirahat lah sejenak disetiap bab yang dibaca dengan bersandar atau merebahkan kepala ke bantal yang nyaman, lalu setelah itu baru lanjutkan kembali membaca bab selanjutnya dengan posisi baca yang benar
  3. Kelelahan pada mata. Hati-hati bagi yang terlalu lama ada dihadapan komputer, ini salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan migrain pada saya. Sebaiknya atur jarak mata dengan komputer agar tidak terlalu dekat. Saat membaca bukupun usahakan ditempat yang cukup cahaya
  4. Terlalu lama atau sering berhubungan dengan handphone. Tidak dapat dipungkiri jika handphone selalu ada bersama saya hampir 24 jam dalam sehari. Bahkan pada saat tidurpun saya meletakkan handphone di dekat kepala saya dalam keadaan hidup, sebenarnya hal ini sangat berbahaya sekali, karena handphone mengeluarkan semacam gelombang aktif yang sangat buruk bagi kita. Maka dari itu sebisa mungkin saya menjauhkan handphone dari kepala saya terutama mematikannya saat sedang tidur
  5. Saat-saat menjelang menstruasi. Mau tidak mau saat menjelang menstruasi saya akan rajin berolahraga, minimal setelah sholat subuh saya akan lari-lari kecil disepanjang jalan depan rumah bolak-balik selama 1 jam. Hehehe…sebaiknya sih olahraga ini dilakukan setiap hari
  6. Kurang tidur. Memaksakan mata terbuka padahal sudah lelah ataupun sudah memasuki jam tidur adalah pangkal utama penyebab migrain. Atur jam-jam beraktifitas dan perbaiki pola tidur
  7. Terlalu banyak tidur. Kadang karena sehari-hari terlalau sibuk maka saat mendapatkan hari libur saya akan jadi putri tidur, seharian hanya tidur demi membalas jam-jam begadang kemarin-kemarin, nah inipun ternyata bukannya mendatangkan kebugaran malah badan pegal-pegal dan migrain kambuh begitu bangun tidur. Maka dari itu tiidurlah secukupnya
  8. Terlalu banyak mengkonsumsi MSG ataupu zat-zat aditif lain dalam makanan (nitrit, aspartame/pemanis buatan, dll). Biasakan makan makanan rumah yang lebih bersih dan lebih sehat

Namun apabila migrain terlanjur datang maka saya akan melakukan hal-hal dibawah ini untuk menghilangkannya atau sekedar mengurangi rasa sakitnya karena saya termasuk orang dengan alergi paracetamol yang lebih baik menghadapi migrain seorang diri ketimbang dengan bantuan obat,

  1. Sebisa mungkin saya menghindari cahaya, berdiam  diri dikamar dengan mematikan lampu dan menutup gorden sangatlah membantu mengurangi migrain, karena pada saat migrain menyerang saya sangat peka terhadap cahaya, setiap melihat cahaya rasa sakit migrain semakin hebat
  2. Kompres leher dengan air hangat menggunakan handuk kecil jika leher terasa lelah, jika tidak maka komprelah kepala dengan air dingin
  3. Upayakan keadaan disekeliling tenang, tidak berisik. Makin gaduh makin terasa kepala ini berdenyut hebat, makin tenang makin membuat rileks dan tertidur
  4. Usahakan tertidur atau minimal memejamkan mata hingga akhirnya nanti bisa tertidur. Tidur adalah obat utama

Semoga bermanfaat yaaa🙂 Bye bye migrain.

Categories: Info & news | Tags: | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Cara Sederhana Atasi Migrain

  1. Ping-balik: Gelap-Gelapan Dulu :) « farhinindri

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.