Finlandia Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

Bicara tentang sisitem pendidikan nomor 1 di dunia berarti berbicara tentang sistem pendidikan Finlandia. Beberapa minggu yang lalu iseng-iseng saya bertanya kepada teman SMA saya yang sekarang ini tinggal di Finlandia tentang sistem pendidikan disana, berhubung saya konsen dan memang sedang mengambil jurusan perkuliahan pendidikan. Alangkah kagetnya saat dia menjawab bahwa di Finlandia pendidikan diselenggarakan secara gratis mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas. WOW🙂
Karena penasaran akhirnya saya mencoba mencari informasi tentang sistem pendidikan di Finlandia melalui Oom Google Dan inilah hasilnya :

  • Semua murid mengenyam pendidikan gratis dari tingkat sekolah dasar hingga universitas
  • Pemerintah menyediakan bus jemputan untuk murid sekolah dasar, jika tidak ada bus jemputan maka pemerintah memberikan subsidi uang transport
  • Pemerintah menyediakan buku-buku dan perpustakaan lengkap
  • Para siswa pun disediakan makan siang bergizi termasuk susu secara gratis. Singkat cerita para peserta didik di Finlandia datang ke sekolah hanya berbekal diri dan motivasi saja tanpa perlu memikirkan SPP, buku, transportasi dan makan siang, sluuuuurrrp🙂
  • UN (Ujian Negara) tidak diselenggarakan setiap tahun dan tidak untuk setiap mata pelajaran. Hanya beberapa siswa saja yang dipilih secara acak dari beberapa kelompok seperti kelompok anak-anak yang cerdas, kelompok anak-anak dengan kecerdasan menengah dan kelompok anak-anak kurang cerdas yang akan mengikuti UN ini. Hasil UN pun dipergunakan untuk evaluasi sistem pendidikan yang telah berjalan di sekolah tersebut bukan digunakan sebagai standar nilai perorangan atau standar kelulusan tiap siswa seperti di Indonesia *piiiss
  • Ada penanganan khusus untuk “murid khusus”, yaitu murid-murid dengan masalah psikologis, oleh guru khusus atau psikiater
  • Murid yang mengalami ketinggalan pada suatu mata pelajaran tertentu maka akan mendapatkan kelas extra
  • Anak-anak belajar dalam suasana santai dan informal. Murid tampak belajar di mana saja di hampir semua sudut sekolah. Murid kelas I hingga kelas IX bisa saja belajar di tempat yang sama dengan mata pelajaran berbeda-beda.
  • Ada semacam budaya membaca di rumah bagi anak
  • Orang tua dan guru memiliki kontak pertemuan berkala

Bahkan diberitakan pada Kompas.com (http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/16/10421185/Di.Finlandia.Kuliah.Gratis.untuk.Siapa.Saja.Mau) pada 16 November 2011 silam bahwa pemerintah Finlandia menyediakan pendidikan gratis untuk program S1-S3 baik untuk warga negaranya dan untuk pelajar dari sejumlah negara termasuk Indonesia. Berikut yang dikatakan Head of International Affairs Aalto University, Finlandia, Saila Kurtbay kepada Kompas.com :

“Karena kami tidak ada biaya kuliah, termasuk untuk pelajar Indonesia, pelajar hanya membiayai untuk biaya hidupnya selama di sana (Finlandia). Mereka tidak membayar apa pun untuk biaya pendidikannya,” ujarnya.

Saila pun menambahkan “para pelajar nonnegara Uni Eropa, seperti Indonesia, diberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui kerja paruh waktu selama maksimal 20 jam per minggu. Bekerja dengan waktu 20 jam per minggu, menurut dia, akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup di Finlandia yang sebulan sekitar 600 euro. Selain itu, mereka bisa juga mendapatkan dukungan dana dari lembaga donor beasiswa”

Wuiiiih…lalu bagaimana caranya bagi yang berminat?

Bisa mengajukan aplikasi untuk program yang diminati secara online dan memenuhi berbagai persyaratan. Setiap program berbeda persyaratannya. Everything is online,” kata Saila.

Berbagai informasi mengenai studi di Finlandia dapat digali melalui situs web http://www.studyinfinland.fi.

Sepertinya ada pepatah baru nih…”Tuntutlah ilmu hingga ke negri Finland ”🙂

Categories: Info & news | Tags: , , , | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “Finlandia Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

  1. mintarsih28

    satu tahu aku membaca pendidikan di finlandia info yang aku dapatkan sama yang diresumn olehmu. yg menjadi pertanyaannya bagaimana KBMNYa di sana mbak itu yang ingin saya adopsi sebagai guru.

    • Sepengetahuan saya berdasarkan informasi dari teman saya yang kebetulan tinggal dan sekolah disana serta dari beberapa website mengenai pendidikan di Finlandia, disana peserta didik tidak dibebani dengan target nilai dan rangking. Kurikulum dibuat oleh pemerintah pusat namun tetap di sesuaikan di beberapa daerah dan bahkan melibatkan wali murid.Beban waktu belajarpun hanya 190 hari dalam 1 tahun, lebih pendek dibaningkan jam belajar kita di Indonesia yang 230 harai per tahun. KBM pun berjalan sangat santai. Coba deh mba ingat-ingat lagi bagaimana tegangnya kita saat dulu bersekolah, sampai kelas mulut harus dikunci, tidak boleh tengak tengok dan masih banyak aturan lainnya, dan parahnya kita mewariskan hal-hal tsb saat terjun sebagai pengajar.. Aroma yang sangat terasa pada saya dari pendidikan di Finlandia adalah bagaimana kita memanusiakan manusia saat belajar, membuatnya nyaman dan mampu menerima kemampuan dirinya apa adanya lalu membantu kesulitan belajarnya sesuai dengan kebutuhan dan cara belajarnya, sehingga para peserta didik menikmati suasana belajar dengan maksimal.

      • mintarsih28

        saya masih ingat betul mbak bahwa saya sebagai pelajar tipe nyantai mbak. tidak antusias dapat ranking tetapi alhamdulilaah dapat rangking. maklumlah anak desa. baru ketika di sma kota melihat teman-teman dan guru yang berwajah serius jadi tidak nyaman. maka ketika saya jadi guru jangan sampai deh menciptakan suasana yang kaku. maka ketika saya mencari info tentang pembelajaran di negara maju kudapat info pendidikan difinlandia namun sayang hanya sebatas keunggulan saja sementara yg kuinginkan adalah KBMnya bagaimana sehingga saya bisa mengadopsinya. terima kasih salam persahabatan.

      • Salam kenal mba Mintarsih. Tetap semangat ya dalam mendidik dan mengajar, kita ada dijalan yang sama dengan cita-cita senada🙂

  2. beben

    Caba untuk menjawab pertanya dari mba mintarsih,
    kalau mba baca cuplikan isi diatas, sebetulnya mbk sudah dapat menangkap kbm yang ada di firlandia. memba hanya perlu meyampaikan materi dengan rileks. dan tidak memaksakan kehenda kepada anak. kalau ada yang tidak mengerti maka dibimbing dengan khusus.

  3. mba bahasa apa yang di pakai difinlandia sana ya?
    saya tertarik ikut hehe

    • Di Finlandia menawarkan berbagai program Sarjana hingga Doktoral dengan bahasa pengantar Inggris dalam dua opsi institusi, yaitu melalui Universitas dan Politeknik, atau dikenal juga sebagai University of Applied Science/UAS.

      Universitas merupakan institusi pendidikan yang mempromosikan bidang riset, keilmuwan, pembelajaran seni dan pendidikan untuk negara dan masyarakat, sedangkan University of Applied Science (UAS) merupakan institusi pendidikan yang memberikan penekanan terhadap bisnis setempat, industri dan sektor servis terutama di level regional. Universitas menawarkan sebagian besar program S2 dan S3 berbahasa pengantar inggris, sedangkan program S1 berbahasa pengantar inggris sebagian besar ditawarkan oleh University of Applied Science (UAS).

      InsyaAllah aku bahkan anakku pun berangan-angan ingin mengejar beasiswa kesana *anakku sekarang baru kelas 3 SD hehehe :p
      Semangat ya…semoga tercapai, jangan mau kalah sama semangat anakku uang masih SD🙂

  4. febby

    bagaimana tipikal orang2 di finland,apakah menghargai perbedaan?apakah disana tidak ada larangan utk memakai jilbab seperti di perancis?

    • Alhamdulillah Finlandia aman bagi kaum muslimah berhijab, karena banyak pendatang dari negara arab seperti Irak, Iran dan Somalia. Namun tetap saja kaum muslim disana adalah kaum minoritas, jumlahnya sedikit dan juga tidak banyak masjid.
      Terus terang saya sendiri belum pernah kesana, namun ada teman dekat saya yang tinggal menetap disana, informasi tersebut saya dapat dari teman baik saya itu. Tapi insyaAllah dengan niat Lillahi ta’ala, dimana dan kemanapun kita akan melangkah maka Allah ada bersama kita dan melindungi kita🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.